Persiapan Materi Kegiatan Peningkatan Kapabilitas Petani Milenial Balitbang Kota Solok

Badan penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok mengadakan pertemuan dengan Badan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) propinsi Sumatera Barat di Arosuka pada Selasa (15/3). Pertemuan ini merupakan pertemuan lanjutan setelah penandatangan MoU antara Balibang Kota Solok dengan BPTP propinsi Sumatera Barat.

Pada pertemuan tersebut, Balitbang Kota Solok memaparkan bahwa kegiatan peningkatan kapabilitas petani milenial dilakukan dalam bentuk kegiatan pengembangan yaitu kegiatan meningkatkan fungsi, manfaat, dan aplikasi ilmu pengetahuan yang telah ada atau menghasilkan teknologi baru. Nantinya akan dilaksanakan dengan sistem pelatihan peningkatan empat komoditi pertanian dan perkebunan yang terdiri atas kopi, jamur, pakan ternak dan jerami.

BPTP propinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Peneliti Utama Ir. Moehar Daniel, MS pada prinsipnya  menyetujui dan akan menjadi narasumber pada kegiatan tersebut untuk tiga komoditi yaitu jamur, pakan ternak dan jerami.  Sementara peningkatan manfaat untuk komoditi kopi, Balitbang Kota Solok akan melakukan kerjasama dengan Solok Rajo.

Hal-hal lain yang juga turut dijelaskan oleh Balitbang Kota Solok dalam pertemuan tersebut antara lain menyangkut peserta, teknis kegiatan dan anggaran pada kegiatan peningkatan kapabilitas petani milenial